Selasa, 02 Januari 2018

ARTIKEL

INTERPRETASI MAKNA DALAM  PERTUNJUKAN JARAN KENCAK


Oleh:  Suyadi, S.Sn.,M.Sn.

Abstrak

Rangkaian pertunjukan Jaran Kencak yang terdiri atas beberapa tahapan serta durasi yang panjang bukanlah semata-mata sebagai hiburan saja. Selama peristiwa pertunjukan berlangsung ditafsirkan beberapa makna yang dapat dikaji berdasar melalui setiap tahapan adegan. Berbagai tahapan atau adegan memiliki makna yang dapat dikategorikan makna sosial, makna ritual dan makna pendidikan. Pertunjukan dalam kepentingan hajat khitanan nampak bahwa dari keseluruhan bagian menggambarkan kasih sayang terhadap anak yang disebut temangan yang memiliki makna menimang anak dengan  menaikkannya ke atas kuda kencak dan selajutnya diarak untuk mengunjungi rumah-rumah sanak keluarga sebagai perwujudan dalam permohonan doa restu yang disebut prosesi arak-arakan. Nilai dalam hal ini memberikan pendidikan pada anak bagaimana bersilaturahmi, bersosial dan penanaman kedewasaan pada anak setelah dikhitan. Pertunjukan Jaran Kencak selain berfungsi hiburan juga memiliki muatan-muatan makna dengan menganalogikan pada sebuah peristiwa dengan kepentingan masyarakat, agama dan juga pendidikan.

Kata Kunci : interpretasi, nilai, tradisi


Pendahuluan
Pertunjukan Jaran Kencak banyak ditemukan dalam masyarakat yang berada dalam wilayah Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Jember atau di sekitar daerah yang masuk dalam wilayah Pendalungan. Khususnya di wilayah Lumajang kesenian Jaran Kencak sudah menjadi salah sati icon masyarakat Lumajang. Pertunjukan Jaran Kencak tidak sebatas pada kepentingan hajatan masyarakat tetapi dalam aktivitas seperti festival kesenian Daerah Lumajang telah mempercayakan pada sekelompok kesenian Jaran Kencak,  melalui berbagai event itulah kesenian Jaran Kencak mulai dikenal oleh masyarakat atau daerah lain. Jaran Kencak juga sering menyemarakkan hajatan pemerintahan  seperti pada hari Jadi Lumajang atau  peringatan hari besar nasional, tentu saja hal demikian semakin menambah semaraknya perkembangan kwalitas dan kwantitas kesenian Jaran Kencak
Istilah  “Jaran Kencak” sering juga disebut “Kuda Kencak” hal tersebut terinspirasi dari seekor binatang yaitu kuda (jaran dalam bahasa jawa). Sebutan kuda kencak adalah istilah dalam dialek untuk menyebut “kuda menari”.  Binatang Kuda dilatih untuk bisa menari, beratraksi mengikuti alunan suara gamelan. Kuda berjoget (beratraksi) dengan mengangguk-anggukan kepalanya, menggoyang-goyangkan pinggulnya, menghentak-hentakan kakinya mengikuti irama gamelan  yang dilantunkan oleh para penabuh gamelan yang disebut Janis (niyaga, pengrawit atau panjak dalam istilah karawitan). Tempat pementasan kesenian Jaran Kencak dapat digolongkan dalam bentuk arena yang merupakan bentuk sederhana apabila dibandingkan dengan tempat pentas yang lainnya. Beberapa bentuk pentas dalam seni pertunjukan seni tradisi di Indonesia dikenal beberapa bentuk yaitu arena, prosenium dan campuran, (Martiara, 2003:171). Dalam setiap  gerak dan langkah kaki kuda menimbulkan suara gemerincing yang berasal dari kostum kuda, demikian juga halnya setiap gerakan kuda menimbulkan kekaguman dan keunikan serta juga menggelikan bagi setiap orang yang melihatnya (penonton). Kuda yang telah terlatih memperlihatkan keseksian serta kepiawaianya dalam setiap pertunjukan yang juga diselingi dengan atraksi-atraksi dari kuda tersebut.
Keindahan dari kuda juga nampak dari balutan kostum yang dikenakan, diibaratkan bagaikan seorang bidadari cantik yang turun dari kahyangan, kuda tersebut dimanjakan dengan warna-warna busana serta kerlap-kerlip warna keemasan yang menambah daya tarik saat kuda menari. Sebagaimana diungkapkan dalam panyandra pada saat kuda akan memasuki arena pertunjukan yang dilakukan oleh seorang dalang ketika kuda mulai berjalan memasuki arena pertunjukan. Sesuai dengan nama pertunjukan Jaran Kencak maka kuda sebagai tokoh sentral menjadi wajar jika sangat dimajakan dengan busana yang serba elok. Adapun  ostum Jaran Kencak terdiri dari jamang (mahkota) yang merupakan pernik-pernik asesoris dengan warna-warna yang mencolok, kemul (selimut) bergambar leak, kalung dada, ulur yang melekat sekaligus sebagai pembungkus seluruh tubuh kuda.
Setiap pertunjukan kuda disertai oleh seorang pawang atau juragan yang sekaligus juga sebagai penari yang berbusana sebagaimana penari remo yang disertai lantunan atau kidungan. Melalui lantunan kidungan yang dibawakan oleh penari remo dapat ditangkap sebagai berbagai makna ungkapan. Secara runtut lantunan kidungan dapat dimaknai sebagai ungkapan selamat datang untuk para tamu dan ucapan syukur serta ucapan terima kasih bahkan tak jarang disertai dengan memperkenalkan diri asal dan nama grup Jaran Kencak yang sedang bermain.
Iringan yang digunakan dalam kesenian Jaran Kencak terdiri dari satu perangkat kenong telok yang digunakan untuk iringan arak-arakan dan satu perangkat gamelan Jawa untuk iringan kejungan.  Gending atau lagu-lagu yang dimainkan sebagai pembuka dengan gending Sarkaan, Giro Tamu atau lagu-lagu daerah Madura.
Urutan Penyajian Jaran Kencak diawali dengan gending pembuka (instrumentalia), dilanjutkan dengan tarian kuda kencak disertai dengan tarian pawangnya yang diselingi dengan nyanyian atau kejungan dengan bahasa Madura. Adegan berikutnya disertai dengan lawakan atau ludrukan. Sedangkan untuk hajat khitanan dilakukan arak-arakan maksudnya untuk mengarak pengantin sunat menuju ke rumah-rumah yang telah ditentukan oleh keluarga dengan tujuan permohonan doa restu. Sebagai puncak pertunjukan dilanjutkan pada malam harinya dengan jenis kesenian tayuban atau ludrukan sesuai dengan selera pemilik hajat. Pertunjukan pada malam hari sebagai hiburan yang tidak lagi terkait lagi dengan pelaksanaan tradisi masyarakat.

Interpretasi Makna berdasarkan Struktur Pertunjukan
Rokatan/Ruwatan Jaran
Bersamaan dengan para pengrawit mempersiapkan diri termasuk menata seluruh alat musik yang dipergunakan sebagai iringan pertunjukan Jaran Kencak maka rombongan penari termasuk kuda juga mempersiapkan diri di tempat yang telah dipersiapkan oleh tuan rumah. Sebelum para penari merias diri termasuk menghias kuda maka juragan Jaran Kencak minta kepada tuan rumah atau pemilik hajatan seperangkat sesaji untuk melaksanakan ruwatan jaran (kuda). Tujuan dilaksanakannya ruwatan kuda merupakan suatu tradisi sebelum pertunjukan berupa permohonan agar diberikan keselamatan, kelancaran dan tidak menemukan hambatan dalam bentuk apapun selama pertunjukan. Permohonan keselamatan juga ditujukan untuk tuan rumah agar mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Begitu juga dengan anak yang dikhitan agar nantinya menjadi anak yang sholeh, berakhlak baik, berbudi pekerti yang baik serta  berbakti pada orang tuanya.
Ruwatan atau rokatan disebut juga dengan slametan, dalam hal ini acara slametan dipimpin oleh juragan Jaran Kencak. Proses ruwatan diawali dengan membakar kemenyan yang telah dipersiapkan tuan rumah bersama perangkat sesaji yang lain. Kemenyan diletakkan di tengah-tengah sesaji dan sambil membaca doa-doa atau mantra kemudian asap dari hasil pembakaran dibawa keliling dan diarahkan ke seluruh pendukung pertunjukan Jaran Kencak. Terakhir bakaran kemenyan dibawa ke luar ke tempat kuda dan pawang yang saat itu berada di luar rumah.

Jula Juli (Napel/ sumpingan)
Pertunjukan Jaran Kencak diawali dengan masuknya dua kuda dikatakan oleh pembawa acara bagaikan dua bidadari yang turun dari kahyangan (kalau kuda yang dipakai dua ekor). Kedua kuda tersebut mengenakan busana dengan warna-warna yang serba mencolok dihiasi dengan pernik-pernik dan kelihatan glamor. Kuda berpenampilan anggun  dan suara gemerincing dari bagian kostumnya saat berjalan menuju ke arena dan serta merta disambut tepuk tangan oleh penononton dengan perasaan kagum. Diiringi oleh seperangkat gamelan Jawa, kuda mengangguk-anggukan kepalanya, melenggak-lenggokan tubuhnya dan mengibas-kibaskan ekornya sambil berputar-putar  mengelilingi arena pertunjukan.
Adegan dilanjutkan dengan tarian remo yang dilakukan oleh pawang kuda dan ada kalanya jumlah penari bertambah menjadi tiga orang hal ini agar lebih meriah. Tarian remo sekaligus sebagai ungkapan ucapan selamat datang untuk para tamu yang dilanjutkan dengan kejungan. Syair dalam kejungan secara umum menggunakan bahasa Madura tetapi ada juga yang dicampur dalam bahasa Jawa Tengahan di bagian awal dan dilanjutkan syair dalam bahasa Madura. Rata-rata penari remo semua bisa melakukan kejungan dan pada sajian dilakukan secara bergantian. Makna syair dalam kejungan berdasar dari pengamatan dapat penulis simpulkan terdiri dari beberapa inti yaitu ucapan selamat datang untuk para tamu, pengenalan pada yang punya hajat dalam bentuk tembang dan pengenalan nama dari grup dan pimpinan serta alamat Jaran Kencak yang sedang tampil, permohonan maaf dan ucapan selamat menyaksikan.
Selama penyajian kejungan berjalan diselingi dengan tradisi napel atau sumpingan yaitu pemberian uang dari beberapa tamu juga saudara dan kerabat pemilik hajat. Tradisi napel atau sumpingan tersebut sebagai penghormatan pada tuan rumah dengan pemberian uang, dan ada beberapa cara memberikannya, ada yang dilakukan diberikan langsung kepada penari remo atau disediakan baki dan uang tersebut nantinya diambil oleh penari remo. Dikatakan bahwa pemberian uang tersebut sebagai penghormatan tuan rumah (pemilik hajat), dalam hal ini tergantung dari bagaimana pemilik hajat sewaktu keluarga atau orang lain sedang memiliki hajat, jika pemilik hajat awalnya sering memberikan uang tentu saja dalam kesempatan ini sebagai balasannya.
Tradisi napel diawali oleh orang-orang yang memiliki status dalam kemasyarakatan seperti, pamong desa, tokoh masyarakat baru diikuti oleh tamu atau keluarga lain. Dalam hal inilah yang membedakan antara tamu yang datang pada siang hari saat bersamaan pertunjukan Jaran Kencak. Kesimpulan dalam adegan ini bahwa jaran kencak memiliki peran status sosial bagaimana orang lain akan membalas apa yang telah dilakukan oleh pemilik hajat. Ibarat siapa menanam tentu akan menunai hasilnya.  
Lawakan dan Ruwatan Tuan Rumah
Lawakan yang dimaksud adalah sajian dalam bentuk drama humoris yang dilakukan oleh pawang kuda bersama kelompok lawak. Sajian tersebut sering mengambil tema untuk dijadikan alur cerita untuk menuju klimaknya. Adegan lawak juga dijadikan sarana penyampaian informasi dalam bentuk nasehat ataupun pendidikan yang dilakukan oleh pelawak, dengan mengambil inti dari cerita yang disajikan.
Adegan lawak tidak semata-mata adegan lelucon saja karena dalam peran lain adegan ini memiliki sampiran peran yaitu temangan dalam bentuk ruwatan tuan rumah bersama juragan kencak.  Adegan ini dilakukan setelah adegan lawakan selesai.  Salah satu dari personil lawak dinaikkan ke atas kuda sambil menggendong bakul yang berisi nasi, daging tusuk, cobek, sendok nasi,  kaca, sisir (bagian dari sesaji) dan beberapa peralatan dapur yang lainnya. Tradisi tersebut dibawakan dalam tembang macapat  sebagai sarana penyampai pesan dan beberapa alat yang digendong dijadikan semacam boneka wayang dan diperagakan selayaknya seorang dalang yang sedang malakukan adegan dialog di antara tokoh wayang. Cerita atau tokoh yang diambil yaitu tokoh panakawan, Gareng, Petruk, bagong, ditambah para beberapa tokoh Pandhawa. Setelah adegan tersebut selesai dilanjutkan dengan pembacaan doa atau pujian untuk tuan rumah, anak yang dikhitan serta keluarga lain mendapatkan perlindungan dari Yang Maha Kuasa dan senantiasa dimurahkan rejekinya.
Selesai pembacaan doa atau pujian anak yang dikhitan dinaikkan ke atas kuda ruwatan, dengan disaksikan seluruh keluarga dan penonton berputar di arena pertunjukan yang sekaligus sebagai tempat ruwatan. Selesai ruwatan semua barang-barang yang digendong termasuk selendang yang digunakan untuk menggendong oleh peran lawak tersebut dibagikan ke penonton. Selanjutnya diikuti oleh anak-anak yang lain (peserta/pendamping arakan)  dinaikan ke atas kuda   satu persatu  dan dilanjutkan tradisi arak-arakan jaran kencak.

Arak-arakan Jaran Kencak
Pelaksanaan arak-arakan dengan menaikkan penganten sunat ke atas kuda sekaligus sebagai pelaksanaan pelepasan nadzar atau koul, artinya dua kegiatan yang disatukan sehingga hal tersebut memperkuat tradisi masyarakat khususnya di Kabupaten Lumajang.
Arak-arakan selain anak yang akan dikhitan juga sering diikuti oleh keluarga lain yang sebaya dengan usia anak yang dikhitan mengikuti arak-arakan bisa sebagai pendamping atau juga sebagai pelepasan nadzar. Anak-anak  yang akan dikhitan yang disebut komantan toddu  (Hermin,2000:66) dikenakan busana yang khusus sehingga anak menjadi anggun (lihat busana). Arak-arakan juga sering diikuti oleh anak dari keluarga lain meskipun anak tersebut tidak melaksanakan khitan sebagai pelepas nadzar. Nazdar atau khoul merupakan ungkapan apabila terbebas dari malapetaka yang menimpa atau maksud yang diharapkan dapat tercapai, maka dilaksanakan oleh keluarga mengikrarkannya dengan menaikkan kuda kencak sebagai pelepasnya.
Inti dari arak-arakan adalah mengunjungi ke beberapa sanak famili atau para tokoh masyarakat. Waktu yang dibutuhkan untuk arak-arakan tergantung dari tingkat sosial dan hubungan famili yang telah dilakukan oleh orang tua atau keluarganya. Peristiwa dalam hal ini adalah timbal balik  dari apa yang telah dilakukan selama ini. Permohonan doa restu menjadi tujuan utama selain mengenalkan anak yang akan melakukan khitan atau sedang menebus nadzar.   

Upacara Ngesakno Niat
Setelah rombongan arak-arakan kembali ke rumah (pemilik hajat) dilanjutkan dengan upacara Ngeksano niat kalau diartikan dalam bahawa Indonesia menegaskan niat artinya menegaskan kembali apa yang telah menjadi nadzar dari orang tua dari anak yang dikhitankan. Nadzar bagi orang tua dimaksudkan sebagai harapan-harapan orang tua pada masa anak-anak dalam kondisi tertentu. Sebagaimana diungkapkan oleh Ases (orang tua dari anak yang dikhitan) mengatakan bahwa begitu anaknya lahir dengan sehat besuk kalau besar akan dinaikkan jaran kencak.  Ada juga sewaktu anaknya sakit mengatakan kalau sembuh besuk dinakan kuda bahkan saking berharapnya pada anak naik kelaspun orang tua nadzar akan dinaikkan kuda.
Pelaksanaan upacara dipimpin oleh sesepuh Jaran Kencak yang sekaligus sebagai penegar kuda. Tempat pelaksanaan di tengah-tengah arena pertunjukan Jaran Kencak dengan posisi awal membelakangi arah panggung, jadi arah tergantung di mana panggung itu didirikan Sarana dalam pelaksanaan upacara Ngesakna Niat yaitu beras kuning yang ditaruh di atas tempeh secara merata dan di atas beras ditumpangi dengan jenis makanan yang disebut tetelan. Selanjutnya ditutup dengan kain kafan, anak yang dikhitan atau anak yang di nazdari didudukan di atas tetelan yang telah tertutupi kain kafan. Selanjutnya sesepuh Jaran Kencak membaca doa dan anak yang dalam posisi duduk di putar menghadap empat arah penjuru. Secara kebetulan penulis mengamati bahwa posisi awal anak menghadap ke arah barat sesuai dengan panggung yang didirikan menghadap ke arah barat, kemudian anak diputar ke arah utara, ke arah timur, ke arah selatan dan kembali ke arah barat yaitu kembali pada posisi awal yaitu menghadap ka arah barat. Putaran tersebut mengambil arah kanan atau searah dengan arah berputarnya jarum jam. Arah kanan menunjukkan pada suatu arah kebaikan.
Makna yang terkandung dalam tradisi tersebut yaitu beras kuning sebagai simbul tolak balak artinya agar anak dijauhkan dari segala macam bentuk gangguan dan selalu mendapatkan keselamatan. Jenis tetelan dimaksudkan agar rejeki yang diterima nantinya netel (berlimpah). Sedangkan kain putih adalah melambangkan kesucian dari anak yang telah dikhitan dan dilaksanakan upacara. Makna yang terkandung dalam posisi berputar ke empat arah penjuru melambangkan bahwa anak dibimbing oleh orang tua untuk melihat  hal-hal yang baik dan buruk, sehingga dalam menjalani kehidupan nantinya dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Pada posisi duduk di putar kembali ke posisi awal melambangkan bahwa perjalanan kehidupan manusia itu akan kembali lagi artinya manusia hidup berawal dari kelahiran dan berakhir pada kematian. Kematian manusia adalah awal memasuki pada alam kelanggengan, sehingga manusia selama di dunia harus mencari bekal untuk menuju ke alam kelanggengan. Anak yang telah diputar menggambarkan bahwa dalam kehidupan akan menghadapi segala persoalan dan seyogyanya mencari hal-hal kebenaran  sebagai amal perbuatan yang baik.

Sesaji terdiri dari :
1.      beras kuning sebagai simbul tolak balak , agar anak yang dikhitan terhindar dari segala marabahaya terlepas dari hal-hal yang sifatnya dapat mencelakakan
2.      Tetelan sebagai simbol dimurahkannya rejekinya
3.      kain putih/kafan sebagai simbol kesucian/kebenaran

Penutup
Beberapa aktivitas yang terkait dalam pelaksanaan hajatan dan pertunjukan jaran kencak antara lain, bersih kubur, slametan, upacara ruwatan  Jaran, ruwatan tuan rumah dan upacara ngesakna niat merupakan ciri-ciri kegiatan bermakna ritual. Indikator dalam makna ritual dapat dilihat pada beberapa aspek yaitu spiritual, tata laku dan material prosesi upacara yang dilaksanakan. Dalam hal tata laku dan aspek-aspek material dapat diamati spesifikasinya sebagai kegiatan tujuan ritual. Aspek spiritualnya memang sulit untuk diukur kemujarabannya dalam kehidupan praktis. Seperti dalam pelaksanaan pelepasan nadzar atau juga ngesakna niat. Hal tersebut hanya bisa dilihat dari keseriusan para  pelaku (tuan rumah)  dalam pelaksanaan hajat. 
Aspek spiritual yang menonjol dalam hal ini adalah pertunjukan Jaran Kencak dipakai sarana pelepas nadzar. Bagi seseorang yang telah melaksanakan upacara pelepasan nadar atau khoul mempunyai sesuatu kekuatan atau kepuasan batin karena telah membayar atau menebus apa yang pernah diucapkan sebagai bentuk ucapan nadzar. Keyakinan inilah yang telah menghilangkan rasa was-was atau kekhawatiran selama menjalani kehidupan. Ibaratnya lunas tidak punya lagi beban hutang yang harus diselesaikan.
Makna sosial yang dapat dilihat dari rangkaian pelaksanaan pertunjukan jaran kencak adalah aspek kegotong royongan, kebersamaan. Aspek kegotongroyongan dapat dilihat dari pelaksanaan sebuah hajat dilakukan bersama  para sanak saudara dan tetangga. Kegiatan demikian disisi lain akan mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan. Kebersamaan dapat dilihat dari aspek persaudaran, dalam bentuk pelaksanaan slametan yang diwujudkan kenduri. Selain slametan sebagai ungkapan permohonan keselamatan pada Yang Maha Kuasa juga sebagai bentuk kerukunan di antara sesama anggota masyarakat di sekitar, barangkali yang semula ada perselisihan dimungkinkan dengan pelaksanaan tradisi kenduri akan menjadi sebuah perantara untuk kerukunan.
Arak-arakan merupakan bagian tradisi dari pelaksanaan hajat sunatan. Arak-arakan dimaksudkan mengunjungi rumah sanak saudara atau sesepuh/tokoh masyarakat merupakan satu bentuk menghormati para tokoh masyarakat, di sisi lain sebagai bentuk permohonan (doa restu) atas anak yang akan disunat. Akan tetapi juga sebagai bentuk nilai sosial, saling mengunjungi dan kebersamaan karena pelaku adalah sebagai bentuk perilaku sosial yang tidak dimotivasi secara material. Dalam kegiatan sosial akan berlaku hukum timbal balik, bagi siapa atau warga masyarakat yang tingkat kepeduliannya terhadap lingkungan rendah, maka ketika mempunyai hajat maka akan menerima tingkat kepedulian yang rendah dari sanak saudara atau dari masyarakat yang lain.


DAFTAR  PUSTAKA

Hermin, Kusmayati, A.M., 2000. Arak-arakan Seni Pertunjukan dalam Upacara Tradisional diMadura. Yogyakarta, Yayasan Untuk Indonesia.

Herusatoto, Budiono, 2003. Simbolisme Dalam Budaya Jawa, Joko Suryanto (ed.) Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Kaplan David dan Robert A. Manners. 2002. Teori Budaya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Martiara, Rina. 2003, “Pengaruh Timbal Balik Antara Arena Pertunjukan dan yang Dipresentasikan”, dalam Kembang Setaman Persembahan untuk Sang Maha Guru (Ed. Hermien Kusmayati), BP ISI Yogyakarta.

Yuswadi, Hery. 2008. “Budaya Pendalungan: Bentuk Multikulturalitas dan Hibriisasi Budaya Antaretnik dalam Pemetaan Kebudayaan di Provinsi  Jawa Timur, Pemprov Jatim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar